Ayo Cetak Duit dengan Passion!

Buku-buku tentang langkah-langkah berbisnis dan entrepreneurship banyak bertebaran di luar sana. Tapi, jika Anda secara spesifik mencari buku yang memberikan langkah-langkah berbisnis yang sesuai dengan hobi dan passion Anda, buku inilah pilihannya. Dalam buku ini kita akan menemui beberapa kiat dari Dedy Dahlan untuk memulai bisnis/karier yang sesuai dengan passion kita. Kiat-kiat tersebut disampaikan secara runut dalam satu bab pendahuluan dan diikuti dengan tujuh bab materi dengan bahasa yang lugas, santai, dan mudah dipahami.

Di awal buku ini Dedy Dahlan akan mengajak kita merenung, sebenarnya apa sih impian finansial kita? Kalau kita menjawab ingin punya bisnis, buat apa sebenarnya punya bisnis sendiri? Nah, kalau kita ingin menjadi kaya dan punya banyak uang dengan memiliki bisnis sendiri, maka di sini Dedy Dahlan akan membuka mata kita bahwa berbisnis itu bukan sekedar mengumpulkan kekayaan. Justru tujuan berbisnis itu bukan menjadi kayanya, tapi lebih ke menikmati setiap proses yang ada dan bagaimana kita menjalaninya dengan suka cita. Selain itu, Dedy Dahlan juga mengajarkan bahwa ada yang lebih penting daripada sekedar uang dalam berbisnis maupun berkarier, yaitu kepuasan pribadi atau emotional income! Sebab percuma saja kita memiliki uang segunung tapi tidak memiliki kepuasan emosional sama sekali. Inilah pondasi pertama yang disampaikan Dedy Dahlan pada kita, bahwa agar kita dalam melakukan sesuatu—entah itu bekerja, berkarier, berbisnis—semuanya harus dilakukan dengan rasa suka cita. Dan jika kita melakukan sesuatu yang sesuai dengan passion kita, maka otomatis kita akan melakukan hal tersebut dengan sepenuh hati dan suka cita. Inilah pentingnya passion!

Di bab selanjutnya Dedy Dahlan akan membantu kita bagaimana menentukan apa yang selama ini menjadi passion kita. Biasanya passion kita ini tidak jauh-jauh dari hobi kita. Setelah kita mengetahui passion kita, barulah kita diberikan opsi untuk memilih jalan sukses kita. Menurut Dedy Dahlan dalam berkarier/berbisnis ada tiga jalan sukses yang dapat ditempuh, yaitu Jalan Akademi, Jalan Profesional Mandiri, dan Jalan Bisnis. Jalan apa yang harus kita pilih dan bagaimana penerapannya dapat kita baca secara lengkap di bab kedua. Setelah itu kita harus memilih bidang pilihan yang paling sesuai dengan kita. Karena itu untuk benar-benar menekuni bidang pilihan yang kita pilih, kita harus benar-benar mengenal siapa diri kita dan apa motivasi kita. Hal ini dibahas oleh Dedy Dahlan di bab ketiga. Dan terkadang kita masih ragu-ragu untuk merintis karier atau bisnis yang sesuai dengan passion kita karena tidak bisa meninggalkan pekerjaan lama kita. Kalaupun harus keluar dari pekerjaan tersebut untuk fokus pada merintis karier/bisnis, kita tidak akan mempunyai uang untuk memenuhi kebutuhan harian. Nah, masalah itu juga telah dipikirkan oleh Dedy Dahlan dan dikupas olehnya di bab keempat untuk menemukan solusi masalah tersebut. Kemudian di bab-bab selanjutnya Dedy Dahlan menekankan pada kita bahwa mencari mentor untuk membimbing kita juga penting, dan yang terpenting lagi adalah bagaimana melakukan tindakan nyata atau action!

Membaca buku ini seakan-akan kita mengobrol langsung dengan Dedy Dahlan. Bahasa yang digunakan benar-benar santai dan membumi, serta semuanya disampaikan tanpa adanya kesan menggurui. Meski ukuran font dalam buku ini mampu membuat kita memicingkan mata, tetapi gaya bahasa tersebut dan line spacing yang lebar menjadikan buku ini masih sangat enak dibaca. Dan yang paling penting—dan tidak seperti buku-buku bisnis atau entrepreneurship kebanyakan—Dedy Dahlan menekankan bahwa uang jangan dijadikan tujuan dalam berbisnis dan berkarir. Sebab jika kita berkarier atau berbisnis untuk uangnya saja, maka kita akan mudah “dibeli”. Karena itu berkarier/berbisnislah untuk kepuasan pribadi, untuk pendapatan emosional, maka tak ada seorang pun yang dapat “membeli” kita dan menghentikan langkah kita kecuali diri kita sendiri. Tanpa ragu-ragu lagi saya memberikan rating five star untuk buku ini dan menjadikannya kitab wajib entrepreneurship dalam hidup saya.

Passion! Ubah Hobi Jadi Duit

oleh Dedy Dahlan

Elex Media Komputindo; Cetakan kedua, Maret 2011

Paperback; xiv + 198 halaman; 14 x 21 cm

ISBN 978-979-27-9506-6

Rate: 5/5 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s