Pengumuman: Pemenang December Puzzler 2013

IMG-20131121-WA0009

Seperti yang dijanjikan, hari ini adalah hari pengumuman pemenang December Puzzler 2013. Nah, khusus untuk puzzle yang ada di blog saya ini, ada enam belas peserta yang menjawab puzzle saya. Dari keenam belas peserta tersebut, ada empat belas peserta yang menjawab dengan tepat. Setelah dikompilasi dengan jawaban-jawaban puzzle blog-blog lainnya, ada tujuh peserta yang lolos untuk memenangkan tiga hadiah yang disediakan. Ketujuh peserta tersebut adalah:

decpuzz

Dari ketujuh nama tersebut, saya ucapkan selamat kepada Fenny Herawati yang berhak mendapatkan hadiah utama berupa paket buku senilai Rp250.000,-. Selamat juga kepada A.S. Dewi dan Cynthia Damayanti yang masing-masing berhak mendapatkan paket buku senilai Rp125.000,-. Kepada para pemenang silakan melakukan konfirmasi dengan mengirimkan email berupa judul buku pilihan dan alamat pengiriman ke alamat: busy_mail125@yahoo.com dalam 2 x 24 jam. Jika tidak, maka pemenang akan dianggap gugur dan akan dipilih pemenang baru.

Kepada peserta-peserta yang belum beruntung, saya ucapkan terima kasih telah mengikuti dan meramaikan event ini. Semoga kita bisa bertemu kembali di event selanjutnya.🙂

Sekarang akan saya jabarkan jawaban dan analisis untuk puzzle saya. Sengaja saya taruh di belakang biar seperti di cerita-cerita detektif.😀

Sebelumnya, saya ulang dulu puzzle yang saya berikan kemarin:

Aku adalah sesuatu yang akan menuntun kalian kepada sebuah jawaban. Sebelum kalian menemukan jawaban itu, kalian harus lebih dulu mengenal siapa diriku. Dan tentu saja aku tidak akan secara gamblang menyebutkan siapa diriku. Kalian harus mengikuti petunjuk-petunjuk yang aku berikan untuk mengetahui siapa diriku, dan jawaban yang kalian cari-cari itu.

Aku dilahirkan pada 24 September, dan hidupku masih terus berlangsung hingga saat ini dan nanti. Dari beberapa hal yang kulakukan, menghibur dan membuat orang tertawa dengan cara yang sangat cerdas, berkelas, dan elegan adalah hal yang aku banggakan. Asal kalian tahu, aku cukup sering menyinggung-nyinggung alam semesta serta hukum-hukumnya yang sangat rumit itu. Sejak kelahiranku, aku memiliki lima elemen utama yang menjadi nyawa dari diriku. Dari kelima elemen tersebut, ada empat elemen yang satu sama lain memiliki banyak kesamaan. Tapi ternyata, di antara keempat elemen ini ada satu hal yang membuat satu elemen berbeda dengan tiga elemen lainnya. Satu hal yang membuatnya berbeda itu terwakili dalam sebuah “kata”. Dan “kata” ini adalah kata dalam bahasa Inggris. “Kata” inilah jawaban yang kalian cari.

Dari puzzle tersebut, yang kalian cari adalah sesuatu yang sering menghibur dan membuat tertawa orang. Hal ini tentu saja berhubungan dengan komedi. Di situ juga disebutkan dia menghibur dengan cara yang sangat cerdas, berkelas, elegan, bahkan sering menyinggung-nyinggung alam semesta beserta hukum-hukumnya. Dan dia dilahirkan pada tanggal 24 September. Dari sini kalian bisa mempersempit sesuatu yang kalian cari: komedi cerdas yang sering menyinggung-nyinggung alam semesta. Kalau kalian maniak dengan TV series, kalian pasti akan dengan mudah menemukan yang kalian cari: The Big Bang Theory!

Sesuai dengan lanjutan puzzle-nya, serial ini memiliki lima elemen utama yang selalu menjadi nyawa sejak tayang perdana. Kelima elemen tersebut adalah tokoh-tokoh yang ditampakkan gambar di atas (dari kiri ke kanan): Howard, Raj, Sheldon, Leonard, dan Penny. Dari kelima orang (elemen) ini, ada empat orang yang memiliki banyak kesamaan, mereka adalah Howard, Raj, Sheldon, dan Leonard. Mereka sama-sama genius, geek, nerd, maniak komik, dan sama-sama kerja di Caltech. Dan kalau kalian mengikuti serial ini, kalian tentu akan langsung tahu satu perbedaan yang membuat satu elemen berbeda dengan ketiga elemen lainnya. Dia adalah Howard, yang hanya memiliki gelar S2 alias master, sedangkan Raj, Sheldon, dan Leonard masing-masing telah bergelar doktor (Ph.D.). Yap! Itulah jawaban untuk puzzle saya: master.

Itulah analisis dari puzzle saya. Semoga bisa diterima. Kalau ada celahnya, mohon maaf ya. Terima kasih sudah ikut bermain di puzzle saya ini.🙂

Sampai jumpa lagi….

2 thoughts on “Pengumuman: Pemenang December Puzzler 2013

  1. Bengong lama.
    Padahal aku fans setia the big bang, tapi sama sekali gak kepikir nyambungin riddle itu dengan big bang :))

    Makasi utk puzzlenya yg seru

Leave a Reply

